Skripsi
Pengaruh Penyesuaian Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Penyesuaian diri, Motivasi belajar, Prestasi belajar matematika.
Penyesuaian diri dan motivasi belajar merupakan faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Prestasi belajar yang dicapai masing-masing peserta didik belum tentu sama, hal ini dapat terjadi karena kemampuan penyesuaian diri yang berbeda. Motivasi belajar peserta didik yang masih rendah seringkali karena mereka memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 67 peserta didik, diperoleh dari kelas VII G dan VII I. Data penyesuaian diri dan motivasi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil Ujian Tengah Semester II pada mata pelajaran matematika. Angket yang digunakan adalah angket yang berskala Likert dengan rentang skor dari 1 sampai dengan 4. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Dari hasil analisis regresi diperoleh Fhitung sebesar 20,64. Dengan dk pembilang sebesar 2 dan dk penyebut sebesar 64 serta taraf signifikansi α sebesar 5% diperoleh Ftabel sebesar 3,14. Karena Fhitung > Ftabel jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh penyesuaian diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012, dengan pengaruh sebesar 39,20%. Sebagai saran, setiap individu di lingkungan sekolah hendaknya dapat menjadi bagian dari lingkungan belajar yang baik dan menyenangkan. Lingkungan yang baik dan menyenangkan memudahkan siswa dalam proses penyesuaian diri, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pula prestasi yang dicapai.
1708501397 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain