Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achiement Division Melalui Media Lembar Kegiatan Peserta Didik Terhadap Sikap dan Prestasi belajar Pokok Materi Limit Fungsi Aljabar Peserta Didik Kelas XI IPS Semester 2 SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektifan, Tipe Student Team Achiement Division Melalui Media Lembar Kegiatan Peserta Didik, Sikap, dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan : Membuktikan adanya perbedaan sikap dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division melalui media lembar kegiatan peserta didik dengan yang diajar menggunakan model konvensional pada materi limit fungsi aljabar dan membuktikan mana yang lebih baik sikap dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division melalui media lembar kegiatan peserta didik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes yang terdiri lima kelas dengan jumlah peserta didik 196 orang.Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol serta XI IPS 5 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket,dan tes.Teknik analisis data menggunakan uji analisis ragam multivariat satu arah (one-way Manova) yang dilanjutkan menggunakan uji T2 Hotelling.Sebelumnya data angket sikap dan prestasi diuji dengan uji Liliefors dan Uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan sikap dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division melalui media lembar kegiatan peserta didik dengan yang diajar menggunakan model konvensional pada materi pokok limit fungsi aljabar dan menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiement Division melalui media lembar kegiatan peserta didik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap sikap dan prestasi belajar materi limit fungsi Aljabar Kelas XI IPS Semester 2 SMA Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501235 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain