Skripsi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TPS ( THINK PAIR SHARE ) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian Pada pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Semester II MAN Brebes 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 )
Kata kunci : Pengaruh, Metode TPS (Think Pair Share), Kemandirian, Prestasi, Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran TPS (Think Pair Share ) ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika dan (2) perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode TPS (Think Pair Share) dengan menggunakan model pembelajaran konvesioanal ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik..
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester II tahun pelajaran 2011/2012 di MAN Brebes 1 dengan jumlah 217 peserta didik yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil cara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas X1 dan X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 dan X8 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dengan ujianava dua arah dengan interaksi dilanjutkan dengan uji Benferoni unuk mengetahui perbedan yang terjadi diantara dua perlakun tersebut.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada (1) pengaruh metode TPS (Think Pair Share) ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika sebesar 40,68, (2) ada perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan metode TPS (Think Pair Share) dengan metode konvesional ditinjau dari kemandirian tinggi dengan selisih rata-ratanya sebesar 1,26 serta ada perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan metode TPS (Think Pair Share) dengan metode konvesional ditinjau dari kemandirian rendah dengan selisih rata-ratanya sebesar 6,32.
1708501243 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain