Skripsi
Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Sub Materi Pokok Bahasan Turunan Fungsi (Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Bojong Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Pengaruh, TGT, Motivasi, Aktivitas, Hasil
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode pembelajaran kooperatif TGT terhadap motivasi, aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 115 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas XI IPA 2. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis multivariat dengan terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas data dengan menggunakan uji normalitas multivariat. Kemudian uji hipotesis menggunakan uji multivariate untuk membuktikan pengaruh metode pembelajaran kooperatif TGT terhadap motivasi, aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasca penggunaan metode pembelajaran kooperatif TGT, peningkatan motivasi belajar mencapai 70% (Baik), aktivitas dalam belajar mencapai 67,5% (Baik) dan hasil belajar matematika mencapai 67,5% (Baik). Hal ini diperkuat juga dengan diterimanya uji hipotesis penelitian yang menggunakan uji multivariat. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran kooperatif TGT terhadap motivasi, aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bojong semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501357 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain