Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Geometri (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran SFE, Sikap dan Hasil Belajar Matematika
Penggunaan pembelajaran seyogyanya mengembangkan kemampuan dasar dan sikap positif peserta didik sehingga proses belajar mengajar lebih menarik, menantang, efektif dan efesien. Model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu karena untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan sikap belajar dan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diberi pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan peserta didik yang diberi pembelajaran konvensional serta mana yang lebih efektif antara pembelajaran Student Facilitator And Explaining jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap sikap belajar dan hasil belajar matematika pada kelas VII semester Genap SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal.
Populasi penelitian ini adalah kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal dengan jumlah 315 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil secara Cluster Random Sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 4 kelas sampel sejumlah 143 siswa. Kelas yang diambil adalah kelas VII B dan VII F sebagai kelas eksperimen (dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining) dan kelas VII C dan VII D sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional) serta diambil lagi satu kelas yang digunakan untuk kelas uji coba instrumen yaitu kelas VII A. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan angket. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta pada uji hipotesis menggunakan uji manova.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional pada materi pokok geometri (bangun datar segi empat) peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
1708501369 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain