Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik ’’ ( Suatu penelitian pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2011 / 2012 Pokok bahasan Geometri segitiga )
Kata Kunci : Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang di ajar menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya perbedaan model pembelajaran investigasi kelompok dengan pembelajran ekspositori ditinjau dari kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Tarub.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 2 Tarub dengan jumlah siswa 180 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIE & VII D yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok dan peserta didik kelas VII A & VII B yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan tes kemampuan numerik yang berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Sebelum tes diberikan kepada peserta didik, instrumen terlebih dahulu akan di ujicobakan, kemudian di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji RAK
( Randommized Block Design ) dan dilanjutkan uji Benferoni. Sebelum data dianalisis, maka dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data dan uji Barlett untuk mengetahui homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan α = 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika kelas yang di ajar dengan pembelajaran investigasi kelompok dan pembelajaran ekspositori. Penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan numerik.
1708501312 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain