Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn melalui Pendekatan Learning Community pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : Meningkatkan prestasi belajar, PKn, Learning Community.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Tegal dalam prestasi belajar masih rendah, siswa kurang berminat dalam pembelajaran, pembelajaran kurang menyenangkan, penggunaan metode dalam pembelajaran PKn kurang bervariasi sehingga guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan metode yang tepat dan membuat siswa dan guru aktif dalam pembelajaran. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru dan peningkatan kemampuan prestasi belajar setelah diterapkannya pendekatan Learning Community. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktifitas siswa dan guru, serta peningkatan kemampuan siswa dalam prestasi belajar dengan menggunakan metode pendekatan Learning Community.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Tegal pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknis tes menggunakan tes lisan. Teknik non tes menggunakan jurnal, wawancara observasi dan dokumentasi foto kegiatan ketika proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar PKn pada materi Hak Asasi Manusia dengan pendekatan Learning Community kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Tegal. Peningkatan ini dapat dilihat dari ketiga hasil tes yang meliuti tes awal (Pra Siklus), tes akhir Siklus I dan tes akhir Siklus II. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran PKn sebelum siklus (Pra Siklus) 59, 11 setelah melalui pedekatan Learning Community pada Siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 64,11 dan pada Siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata 80,29. Adapun presentase ketuntasan Pra Siklus adalah 57% pada Siklus I 71% dan presentase ketuntasan pada Siklus II 88% . Hal ini bahwa ketuntasan belajar antara tes awal (pra siklus) dengan siklus I terjadi peningkatan 14% dan antara Siklus I dengan Siklus II meningkat 17%. Dari hasil tes siswa yang dicapai tersebut sudah memenuhi target, sehingga ditetapkan peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran PKn dengan pendekatan Learning Community kelas VII SMP Negeri 4 Bumijawa Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat.
1209500878 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain