Skripsi
Strategi Penyampaian Materi Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Diskusi dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri Buniwah 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012
Kata Kunci : Diskusi dan Tanya Jawab dalam meningkatkan Prestasi .
Pembelajaran di sekolah dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Pendidikan Kewarganegraan bersifat abstrak kadang sulit dipahami oleh peserta didik, untuk itu pembelajaran Strategi Penyampaian Materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Diskusi dan Tanya Jawab merupakan salah satu cara pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi peserta didik terhadap metode pengajaran Diskusi dan Tanya Jawab, penelitian ini dapat bertujuan meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran agar hasil yang dicapai semaksimal mungkin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom Action Research yang dilakukan melalui dua siklus kegiatan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Media pembelajaran yang digunakan adalah metode diskusi dan Tanya jawab. Objek penelitiannya adalah peserta didik SD NEGERI BUNIWAH 01 Desa Buniwah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di mana dalam Pra Siklus timbul berbagai masalah diantaanya prestasi belajar siswa rendah dan aktifitas belajar siswa yang rendah dari 18 siswa yang mendapat niai diatas 60 (KKM) ada 7 siswa 39% dan yang mendapat nilai di bawah 60 (KKM) 11 siswa 61% sehingga di lakukan refleksi untuk memperbaiki prestasi belajar peserta didik meningkat dari nilai rata-rata 66% sebelum perbaikan menjadi 72 % pada siklus I dan 80 % setelah II. Saran dari peneliti adalah sebaiknya dalam pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan penguasaan materi peserta didik mata pelajaran PKn, yaitu (1) Menyampaikan Materi pelajaran dengan metode yang bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. (2) Mencari alternative yang lebih tepat apabila sebuah teknik pembelajaran yang digunakan kurang tepat. (3) Merecanakan pembelajaran dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan metode pembelajaran yang baik. (4) Diharapkan peserta didik dapat memahami metode menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan diskusi dan Tanya jawab didalam meningkatkan prestasi peserta didik.
1207500643 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain