Skripsi
Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pokok Bahasan Hubungan Internasional Siswa Kelas XI SMA PGRI Slawi
Kata kunci : Pemahaman, Pembelajaran kooperatif, Model STAD
Proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih menggunakan paradigma lama, dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif.Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk,diam, dengar,catat dan hafal(3DCH) sehingga Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) menjadi kurang menarik perhatian siswa,kondisi seperti itu tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Hubungan Internasional dikelas XI SMA PGRI Slawi? (2) Berdasarkan landasan teori, penelitian ini memfokuskan cara meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan mengubah strategi pembelajaran agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi.Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample,pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif model STAD yang sudah dilakukan oleh guru PKn dapat meningkatkan pemahaman siswa proses pembelajarannya sangat baik kurang lebih 60% dari cara penyampaian materi dengan metode ceramah bervariasi,tanya jawab,penugasan,dan diskusi kelompok,jadi cara penyampaiannya lebih menerima dan lebih paham. Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif model STAD yaitu melalui pendekatan belajar antara guru dan siswa lebih terjalin sehingga akan mempermudah dalam penyampaian materi dan siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru diharapkan menjadikan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai suatu alternative untuk meningkatkan pemahaman aktivitas serta hasil belajar siswa.
1207500646 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain