Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama Kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : role playing, model pembelajaran sosial, keterampilan menulis, naskah drama
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran role playing?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran role playing.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah populasi 368 siswa. Penelitian ini mengambil sampel siswa VIII F dan VIII G SMP Negeri 2 Kramat tahun pelajaran 2011/2012 sejumlah 82 siswa, 41 siswa dijadikan kelas eksperimen dan 41 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis data dari analisis penelitian diuji dengan menggunakan uji t non-Independen. Berdasarkan dari analisis keterampilan menulis naskah drama dengan thitung 3,46, sedangkan nilai ttable untuk taraf signifikan 0,05 dan dk=41+41-2= 1,66. Perbedaan tersebut menunjukan perbedaan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttable yaitu (3,46 > 1,66). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran role playing.
1508501110 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain