Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012
Kata Kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Learning, Hasil belajar.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran reciprocal learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada kelas X SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2011-2012?
Tujuan yang hendak dicapai berkaitan erat dengan permasalahan yang ada. Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui“efektifitas model pembelajaran reciprocal learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada kelas X SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2011-2012â€.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab suatu hipotesis yaitu model pembelajaran reciprocal learning efektif meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2011-2012.
Jumlah populasi kelas X sebanyak 253 siswa dengan mengambil sampel dua kelas secara cluster random sampling sebanyak 63 siswa, yaitu kelas X.1 sebagai kelompok eksperimen ada 31 siswa dan kelas X.2 sebagai kelompok kontrol ada 32 siswa.
Pada analisis data uji t diperoleh hasilthitung = 5,764 dan ttabel (1,66940) sehingga thitung>ttabel dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajarkelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 81 dan kelompok kontrol sebesar 69.
Berdasarkan dari hasil analis data di atas penulis memberikan simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sehingga penggunaan model pembelajaran reciprocal learning lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada kelas X SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2011-2012. Saran yang dapat diberikan guru dapat menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran reciprocal learning serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran.
1310500127 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain