Skripsi
Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Metode Drill dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Studi Komparasi, Metode Drill, Metode Konvensional, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang “Apakah penggunaan metode pembelajaran Drill lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012â€. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan metode pembelajaran Drill dan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat di SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 24 peserta didik, karena dalam penelitian populasinya kurang dari 100 maka peneliti mengambil semua populasi sebagai sampel. Kemudian dari sampel 24 peserta didik tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu 12 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 12 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil belajar, dari 12 peserta didik kelas XI IPS yang menjadi kelompok eskperimen rata-rata hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan metode drill mencapai 79,67. Sedangkan jumlah nilai peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran drill 956, dan jumlah rata-rata nilai kelas yang menggunakan metode pembelajaran drill 193. Sedangkan dari 12 peserta didik kelas XI IPS yang menjadi kelas kontrol rata-rata nilai kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional 64,91, jumlah nilai peserta didik yang menggunakan metode konvensional 779, dan jumlah rata-rata nilai kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional 761. Dan dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat diketahui angka perolehan nilai thitung = 5,489. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,074 ternyata hasilnya thitung > ttabel ( 5,489 > 2,074 ). Sehingga Ho ditolak dan berarti Ha diterima.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA NU 01 Penawaja Adiwerna dengan menggunakan metode drill.
1308500548 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain