Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESRETA DIDIK MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Teknik Pemberian Tugas Terstruktur
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar, apakah dengan teknik pemberian tugas terstruktur hasil belajar siswa pada materi lingkungan kehidupan manusia dikelas VII A SMP Negeri 5 Kota Tegal dapat meningkatâ€.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar, apakah dengan teknik pemberian tugas terstruktur hasil belajar siswa pada materi lingkungan kehidupan manusia dikelas VII A SMP Negeri 5 Kota Tegal dapat meningkatâ€.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 160 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah hasil belajar (variabel bebas) dan teknik pemberian tugas terstruktur (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Dari hasil analisis implementasi teknik pemberian tugas terstruktur terpadu terbukti mampu meningkatkan minat siswa untuk belajar IPS terpadu khususnya materi usaha manusia memenuhi kebutuhan hingga mencapai angka 92%, naikanya angka minat belajar siswa itu berpengaruh pada hasil belajar tingkat ketuntasannya mencapai 100%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui Teknik Pemberian Tugas Terstruktur Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta Pengguna variabel ekstra yang tak terkontrol yang memungkin berpengaruh karena itu peneliti lebih lanjut sebaiknya efek variabel diminimalkan, Implementasi teknik pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran telah memberikan implikasi yang baik, tidak ada salahnya bila teknik ini diterapkan pada konsep lain, penerapan teknik pemberian tugas terstruktur akan berhasil meningkatkan minat siswa untuk belajar sehingga hasil belajar pun dapat meningkatkan.
1309500741 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain