Skripsi
Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Diri Peserta Didik melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Pengembangan Diri.
Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang bertujuan membantu siswa dalam pengembangan dirinya adalah bimbingan pribadi. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimanakah Peranan Guru BK dalam Pengembangan Diri Peserta Didik melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Peranan Guru BK dalam Pengembangan Diri Peserta Didik melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Bimbingan pribadi adalah bantuan yang diberikan kepada peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan diri pribadinya, sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mantap dan mandiri, dapat mengatur, mengerti, dan menerima dirinya sendiri serta dapat memecahkan masalah-masalah pribadi yang ditemuinya. Sedangkan pengembangandiri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler.
Besarnya populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 46 siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket dan beberapa metode pendukung seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru BK melalui bimbingan pribadi dalam kategori berperan dengan prosentase sebesar 43,5%. Pengembangan diri peserta didik dalam kategori berkembang dengan prosentase sebesar 26,1%. Ada peranan yang positif antara Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Diri Peserta Didik melalui Bimbingan Pribadi pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan rumus r hitung> r tabel {0,40 > 0,291 (t.s 5%)} dengan kontribusi mencapai (0,40)2 x 100% = 16%, sedangkan 84% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan : ada peranan yang positif antara peranan guru BK dalam pengembangan diri peserta didik melalui bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran : Peranan guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan diri peserta didik melalui bimbingan pribadi hendaknya lebih ditingkatkan, karena dengan adanya layanan bimbingan pribadi yang lebih intensif, maka pengembangan diri peserta didik akan lebih dapat berkembang lagi dengan baik dan potensi yang dimiliki peserta didik akan lebih dapat digali.
1109501344 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain