Skripsi
Pengaruh Bimbingan Sosial terhadap Perubahan Interaksi Sosial pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Interaksi Sosial
Konsep diri merupakan bagian dari perkembangan anak untuk mengetahui
secara bertahap menggambarkan siapakah dirinya dengan berinteraksi sosial dalam
lingkungan. Dari interaksi tersebut terdapat masukan atau kritikan dari orang lain
serta penilaian terhadap diri kita. Bila seorang anak cenderung mengisolasi diri dari
berbagai kegiatan belajar tanpa ada interaksi atau bersosialisasi dengan teman dan
lingkungan, maka anak tersebut tidak mempunyai informasi-informasi yang dapat
membantunya dalam pembentukan konsep diri.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan
sosial pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan Tahun Kabupaten
Pemalang Pelajaran 2011/2012?; 2) Bagaimanakah interaksi sosial peserta didik kelas
VIII SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
ketika berada di sekolah?; 3) Apakah ada pengaruh bimbingan sosial terhadap
perubahan interaksi sosial pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan
Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012?
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 302 peserta didik,
yang terdiri atas delapan kelas. Dari 302 responden tersebut diambil 20% sebanyak
63 peserta didik dengan teknik Cluster Quota Random Sampling . Teknik
Pengumpulan data dengan angket, observasi, interview dan dokumentasi. Uji
validitas dengan rumus korelasi product moment. Teknik analisis data menggunakan
rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan bimbingan sosial
terhadap perubahan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan
Tahun Pelajaran 2011/2012 diterima. Selanjutnya hipotesis nihil yang berbunyi tidak
ada pengaruh yang signifikan bimbingan sosial terhadap perubahan interaksi sosial
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 ditolak.
Dengan demikian maka, pelaksanaan bimbingan sosial dapat mempengaruhi interaksi
sosial pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun
Pelajaran 2011/2012.
1109501394 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain