Skripsi
Persepsi Peserta Didik Terhadap Minat Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling ( Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik , Minat Mengikuti Layanan BK.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara persepsi peserta didik terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas X SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang.
Populasinya adalah peserta didik kelas X SMA PGRI 2 Comal yang berjumlah 112, dengan jumlah sampel 22 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi peserta didik dan variabel terikat adalah minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan teknik belah 2, teknik analisa data dengan hasil korelasi product moment.
Diperoleh rxy sebesar 0,461, sedangkan rtabel (t.s 5%) dengan N = 22 sebesar 0,423, dapat disimpulkan rxy > rtabel (0,461 > 0,423), hal ini berarti ada pengaruh persepsi peserta didik terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas X SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan demikian hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Analisis deskriptif pada variabel X diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 12 orang sebesar (54%), kriteria tinggi 4 orang sebesar (18%), kriteria cukup 5 orang sebesar (23%), kriteria rendah 0 orang sebesar (0%), kriteria sangat rendah 1 orang sebesar (5%), sehingga persepsi yang dimiliki peserta didik pada dasarnya tergolong sangat tinggi. Sedangkan pada variabel Y diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 4 orang (22%), tinggi 10 orang (45%), cukup 2 orang (10%), rendah 2 orang (10%), sangat rendah 3 orang (13%). Jadi minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling dalam kriteria tinggi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh persepsi peserta didik terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas X SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun 2011/2012. Disarankan agar sekolah selalu mendukung kegiatan bimbingan dan konseling, terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana serta pengalokasian waktu yang memadai guna kemajuan layanan bimbingan dan konseling.
1108500927 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain