Skripsi
Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi dan Kepercayaan Diri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan pribadi terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah 110 peserta didik, kemudian penulis mengambil sampel 20% dari jumlah populasi maka sebanyak 22 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner), wawancara atau interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment.
Diperoleh rxy sebesar 0,459, sedangankan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=22 sebesar 0,423, dapat disimpulkan rxy > rtabel (0,459 > 0,423), hal ini berarti ada pengaruh peran bimbingan pribadi terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan demikian hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Analisis deskriptif adalah pada variabel X diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 19 peserta didik sebesar 8,6% dan kategori tinggi 3 peserta didik sebesar 1,4%, sehingga peran bimbingan pribadi dalam kriteria sangat tinggi. Sedangkan pada variabel Y diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 17 peserta didik sebanyak 77,3% dan kategori tinggi 5 peserta didik sebesar 22,7%. Jadi kepercayaan diri dalam kriteria sangat tinggi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan antara bimbingan pribadi terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan adalah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik dalam bimbingan pribadi. Bagi guru pembimbing agar dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.
1108500944 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain