Skripsi
Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Perilaku Pendidikan Berkarakter Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah Kebupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Pendidikan Berkarakter
Layanan bimbingan kelompok merupakan proses bimbingan, melalui media kelompok sebagai upaya dalam memberikan layanan pada siswa yang bermasalah dengan teknik-teknik perubahan tingkah laku yang pada akhirnya bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapinya, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku pendidikan berkarakter sebelum dan sesudah pemberian layanan, serta Perilaku Pendidikan Berkarakter Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pangkah Kebupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pangkah sejumlah 230 siswa, dan sampel sejumlah 40 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dan wawancara serta dokumentasi.
Analisis data dengan analisis persentase perubahan perilaku dan analisis t-test untuk mengetahui perilaku pendidikan berkarakter antara sebelum dan sesudah maka perilaku pendidikan berkarakter siswa kategori sangat rendah yaitu 2 (5%), kriteria rendah sebanyak 2 orang (5%), kriteria sedang 8 orang dengan (20%), kriteria cukup sebanyak 12 orang (30%) kemudian yang mendapat kategori tinggi yaitu 13 orang (32,5%) dan kriteria sangat tinggi sebanyak 3 orang (7,5%), setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok terdapat kriteria sangat rendah 0 orang (2,5%) siswa yang berada dalam kategori rendah 0 orang (0%), kriteria sedang sebanyak 0 orang (0%), kriteria cukup sebanyak 6 orang (15%), siswa yang berada dalam kategori tinggi 18 orang(45%), dan kriteria sangat tinggi sebanyak 15 orang (37,5%). Dari hasil tersebut nampak bahwa secara umum dengan layanan bimbingan kelompok, perilaku pendidikan berkarakter siswa dapat meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi.
Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-test, hasil perhitungan data tersebut thitung diperoleh mencapai 10,142 dan ttabel batas penolakan dengan taraf signifikan 5% d.k = 2,04 diperoleh 2,228. Data hasil perhitungan kemudian dikorelasikan dengan ttabel ternyata diperoleh thitung = 10,142 > ttabel = 2,338, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penghitungan data hasil penelitian signifikan dengan dibuktikan Ho ditolak dan menerima hipotesis kerja.
Saran yang direkomendasikan adalah, guru pembimbing bersama-sama dengan kepala sekolah, hendaknya selalu mengefektifkan media kegiatan layanan bimbingan kelompok bagi siswa yang masih kurang memahami terhadap perilaku pendidikan berkarakter yang berakhlakul karimah.
1108500886 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain