Skripsi
Aplikasi Permainan Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik SMP Muhammadiyah 10 Belik, Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Permainan ( Role Playing) Konseling Kelompok, Rasa Percaya Diri
Dalam upaya memberikan bantuan mengatasi masalah rasa percaya diri kurang, mencoba menggunakan pendekatan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran ( Role Playing ). Cara ini dipilih sebab sesuai dengan masa perkembangan anak/sesuai dengan kondisi anak.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah teknik permainan (RolePlaying) dalam layanan konseling kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik terutama pada kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Belik Kabupaten Pemalang tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah 30 Peserta didik, pengambilan sampel secara perposive random sampling dan diperoleh jumlah sebesar 10 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t test. Nilai ketercapaian rasa percaya diri sebelum dilaksanakan aplikasi permainan role playing dengan jenis sosiodrama dalam konseling kelompok diperoleh data; kategori buruk (10%), kategori cukup (50%), dan kategori baik sebanyak (20%), dan kategori sangat baik (20%). Nilai ketercapaian sesudah dilaksanakan aplikasi permainan role playing diperoleh dalam kategori buruk (10%), kategori cukup (10%), kategori baik (20%), dan kategori sangat baik (60%). Dari data tersebut diperoleh sesudah aplikasi permainan role playing dengan jenis sosiodrama dalam konseling kelompok meningkat yang sebelumnya adalah dalam kategori cukup setelah diadakan aplikasi permainan layanan konseling kelompok dalam kategori sanagat baik dengan perolehan frekuensi terbanyak 6 peserta didik (60%) yang berarti rasa percaya diri peserta didik sesudahnya meningkat. Hasil perhitungan data tersebut dengan rumus t-tes, diperoleh nilai = 7,32 dengan jumlah responden 10 yang menggunakan taraf signifikan 5% ternyata nilai thitung lebih besar dari t tabel yaitu = 7,32 > 2,338.
Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian, maka simpulan yang disampaikan adalah bahwa perlakuan konseling kelompok dengan teknik role playing merupakan teknik yang efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dan mampu memberikan cara atau teknik yang lebih profesional, menarik dan dikembangkan sebagai teknik dalam pemberian layanan konseling kelompok bagi guru bimbingan dan konseling.
1108500922 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain