Skripsi
Peranan Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kesadaran Belajar Peserta Didik kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Peranan Layanan Bimbingan Belajar dan Meningkatkan Kesadaran Belajar Peserta Didik
Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan karena dilatar belakangi oleh beberapa hal seperti adanya criterion refenced evaluation, adanya kemampuan/tingkat kecerdasan bakat, minat peserta didik, adanya penerapan waktu untuk menyelesaikan program belajar dan penggunanaan norm referenced.
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan belajar kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, Untuk mengetahui kesadaran belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, Untuk mengetahui peranan layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan kesadaran belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N Bangun Galih 2 Kec. Kramat Kab. Tegal 2011/2012 yang berjumlah 41. Olehkarena itu sifat penelitian ini adalah populasi studi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket sebagai teknik utama atau pokok, dan teknik pendukungnya seperti, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif prosentase dan analisis korelasi product moment.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket yang dilakukan oleh peneliti kepada responden. Dan sebelumnya angket diuji cobakan pada peserta didik kelas V SD Bangun Galih 1 Kecamatan Kramat Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dan hasil seluruh item adalah valid dan reliabel. Analisis data dari hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Deskriptif Prosentase dan Analisis Pearson Product Moment. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif prosentase pada variabel X menghasilkan prosentase 26,82% dan untuk variabel Y menghasilkan prosentase 26,90 % sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Peranan Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kesadaran Belajar Peserta Didik kelas V SD Negeri Bangun Galih 02 Kec.Kramat Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan hasil analisis korelasi product moment dapat disimpulkan nilai rhitung (0.463) > rtabel (0.398) pada TS 1%.
Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) untuk membantu dan membekali individu (peserta didik) agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi belajarnya, membentuk kebiasaan dan belajar yang positif agar mencapai prestasi yang optimal.
1108501001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain