Skripsi
Pengaruh Penggunaan Teknik OK4R Terhadap Prestasi Membaca Siswa (Penelitian Eksperimen pada Siswa kelas XI SMA N 5 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012)
Kata kunci : Teknik OK4R, prestasi membaca.
Tujuan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan teknik OK4R terhadap prestasi membaca siswa, untuk mengetahui jika teknik OK4R member dampak positif terhadap prestasi membaca siswa dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik OK4R dan yang tidak diajar dengan teknik OK4R dalam prestasi membaca siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 5 Tegal semester dua tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah populasi penelitian adalah 236 siswa. Dalam hal ini penulis hanya mengambil 72 siswa sebagai sample, dari 72 siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 36 siswa yaitu kelompok eksperimen yang diajar dengan teknik OK4R dan kelompok control yang diajar dengan pengajaran biasa.
Penulis menngnakan test sebagai instrument, penelitian test membutuhkan waktu 60 menit untuk menyelesaikan. Jenis test yang digunakan adalah pilihan ganda dengan empat pilihan yaitu A, B, C, D, D, atau E. Untuk mengetahui validitas dan realibilitas instrument penelitian, penulis menguji coba instrument dengan member test yang sama kepada 34 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sample penelitian.
Setelah itu, data yang diperoleh diuji menggunakan rumus uji t dari data tersebut diperoleh hasil 1,67 yang merupakan hasil konsultasi pada t table dengan taraf significant 5% dan derajat kebebasan 70. Sedangkan hasil t hitung adalah 5,294 sehingga hasil yang didapat yaitu t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu (5,294>1,67) menurut perhitungan tersebut, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima.
Hal ini menunjukan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan teknik OK4R mempunyai prestasi membaca yang lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pengajaran biasa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik OK4R berpengaruh positif terhadap prestasi membaca siswa.
1608502083 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain