Skripsi
Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pengaruh, Kedisiplinan Belajar, Interaksi Sosial, Prestasi Belajar
Kedisiplinan Belajar dan Interaksi Sosial merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya : (1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tegal; (2) Pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tegal; (3) Pengaruh kedisiplinan belajar dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 9 Tegal tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 224 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 64 siswa, yaitu diperoleh dari kelas VII A dan VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji t untuk mengetahui normalitas dan linearitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara: (1) kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) kedisiplinan belajar dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
1708501303 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain