Skripsi
Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru dan Hubungannya dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Kualitas Mengajar Guru, Kualitas Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi
Pengajaran memerlukan keahlian yang memadai agar hasil yang didapat juga maksimal. Keahlian guru dalam mengajar tentu saja menjadi hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kualitas mengajar guru dengan kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akuntasi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas mengajar guru Akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) untuk mengetahui kualitas hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, dan (3) untuk mengetahui hubungan kualitas mengajar guru dengan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 137 siswa yang terbagi dalam 4 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel sejumlah 33 siswa yaitu kelas XI IPS 2. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kualitas mengajar guru dengan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan hasil korelasi rxy=0,527, dengan N=33 taraf signifikansi α=5% diperoleh rtabel=0,344 sehingga rhitung>rtabel (0,527>0,344). Hasil perhitungan uji signifikansi 3,431 > ttabel=0,344. Berdasarkan analisis deskriptif, secara umum kualitas mengajar guru termasuk dalam kategori baik, yaitu 51% dalam rentang 86-105 dan rata-rata 84,96 dan kualitas hasil belajar dalam kategori cukup baik, yaitu 48% dengan rata-rata 68,87 pada rentang skor 60-69 maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima; yang terdapat korelasi atau hubungan kualitas mengajar guru dengan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi tahun pelajaran 2011/2012.
Dari kesimpulan di atas, dapat disarankan kepada guru agar dapat mengoptimalkan pembelajaran seiring dengan berbagai macam perkembangan yang semakin menuntut kompetensi pengajaran seorang guru, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa-siswinya.
1308500534 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain