Skripsi
Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Metode think pair share, prestasi belajar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X Pemasaran SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X Pemasaran SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012.
Jumlah sampel penelitian adalah 80 siswa, kelas X Pe-1 (kelompok eksperimen) sejumlah 40 siswa dan siswa kelas X Pe-2 sejumlah 40 siswa (kelompok kontrol). Siswa kelas X Akuntansi sejumlah 40 siswa untuk uji coba penelitian
Dari hasil analisis diperoleh uji normalitas kelompok eksperimen hitung=12,421; kelompok kontrol hitumg = 14,372 sedangkan X 2 tabel untuk dk 2 (6-3)=3 taraf signifikansi 5% = 7,815 karena X hitumg dari kedua kelompok > X2tabel, maka data berdistribusi normal. Hasil thitung = 3,025. Taraf signifikansi 5% = 1,66. Karena thitung > ttabel maka kelompok eksprimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X Pemasaran SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012.
Disarankan agar guru perlu mencoba menggunakan metode Think Pair Share untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan dan siswa sebaiknya lebih aktif, inovatif, dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan menggunakan metode Think Pair Share agar memperoleh prestasi belajar yang maksimal.
1310500136 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain