Skripsi
Studi Terhadap Peran Layanan Bimbingan Sosial Dalam Pengembangan Perilaku Agresif Verbal Peserta Didik Di SMP N 4 Pemalang ( Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VIII B Tahun Pelajaran 2011/2012 )
Kata Kunci : Bimbingan Sosial dan Agresif Verbal
Penelitian ini mengetengahkan pokok masalah sejauh mana peran layanana bimbingan sosial dalam mengarahkan perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII SMP N 4 Pemalang Tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi adalah peserta didik kelas VIII di SMP N 4 Pemalang sejumlah 280 peserta didik, dan sampel sejumlah 44 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, wawancara, dan observasi serta dokumentasi.
Analisis perbedaan dengan analisis deskripstif prosentase dan analisis t-test untuk mengetahui tingkat perilaku agresif verbal peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan sosial sebagai berikut : terdapat 2 peserta didik atau (4,5%) yang memiliki perilaku agresif netral, 22 peserta didik atau (50%) yang memiliki perilaku agresif verbal positif dan 20 peserta didik atau (45,5%) yang memiliki perilaku agresif verbal sangat positif. Dari hasil tersebut nampak bahwa secara umum dengan layanan bimbingan sosial, perilaku agresif verbal peserta didik dapat berkembang menjadi lebih positif .
Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-test, hasil perhitungan data tersebut thitung diperoleh mencapai sebesar thitung sebesar 7,243. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan derajat kebebasan N-1 atau 44-1= 43, dimana diperoleh ttabel = 2.021. Ternyata perolehan thitung dan ttabel menunjukan perbedaan yang signifikan yaitu thitung = 7,243 > ttabel = 2,021 yang berarti hipotesis dalam peneltian ini diterima, bahwa terdapat peran layanan bimbingan sosial dalam pengembangan perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII B SMP N 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran layanan bimbingan sosial berpengaruh terhadap pengembangan perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII SMP N 4 Pemalang. Saran yang direkomendasikan adalah bagi kepala sekolah dan guru pembimbing hendaknya lebih memperhatikan pendsekatan yang digunakan dalam memberikan layanan bimbingan konseling ataupun layanan bimbingan sosial agar tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru pembimbing juga hendaknya lebih intensif melakukan pengawasan terhadap perilaku agresif verbal peserta didiknya.
1108500875 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain