Skripsi
Studi Terhadap Pengaruh Penggunaan Waktu Efektif Pada Sikap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Penggunaan Waktu Efektif dan Kemandirian Belajar
Penggunaan waktu efektif di dalam sekolah akan menimbulkan manfaat bagi peserta didik dalam membantu dalam proses belajarnya, salah satunya dalam hal sikap kemandirian belajar. Sikap kemandirian belajar akan menumbuhkan rasa akan tanggung jawab, percaya pada kemampuan diri sendiri, mampu untuk mangatur diri sendiri, dan mampu memecahkan masalah dengan berfikir secara mendalam.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan waktu efektif pada sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan waktu efektif pada sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII sejumlah 200 peserta didik, sampel ditetapkan sebesar 40 peserta didik sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama, sedangkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi adalah sebagai metode pendukung.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,561. Nilai hitung tersebut dikonsultasikan pada r-tabel N = 40, harga r product moment taraf signifikan 5% diperoleh 0,321. Hal ini menunjukkna bahwa rxy > r-tabel yaitu 0,561>0,321, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan waktu efektif pada sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012â€. Pada variabel penggunaan waktu efektif dalam kriteria sangat tinggi 6 peserta didik (15%), kriteria tinggi 23 peserta didik (57,5%), kriteria sedang 11 (27,5%), kriteria cukup, rendah, sangat rendah masing-masing (0%). Jadi variabel penggunaan waktu efektif berkriteria tinggi. Sedangkan pada variabel sikap kemandirian belajar dalam kriteria sangat tinggi 13 peserta didik (32,5%), kriteria tinggi 17 peserta didik (42, 5%), kriteria sedang 10 (25%), kriteria cukup, rendah, sangat rendah masing-masing (0%). Jadi variabel penggunaan waktu efektif berkriteria tinggi.
Berdasarkan penelitian yang diperoleh hasil dari penggunaan waktu efektif dengan kriteria tinggi yaitu 57,5% maka penggunaan waktu efektif pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan penelitian yang diperoleh dari sikap kemandirian belajar dengan kriteria tinggi yaitu 32,5%, maka sikap kemandirian belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
1108501013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain