Skripsi
Keefektifan Layanan Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Balajar dan Motivasi Berprestasi
Layanan Bimbingan Belajar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemberian bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Permasalahannya adalah sejauh manakah keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap motivasi berprestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap motivasi berprestasi peserta didik.
Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII C sebanyak 36 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok yaitu angket dan observasi, dan metode bantu yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya akan dianalisis. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis deskriptif dan rumus t-test.
Dari hasil analisis data yang diuji dengan menggunakan uji t ditemukan t hitung (post test-pre test) lebih besar dari t tabel (5,310 > 2,042) pada taraf signifikan 5%, untuk N-1 = 36-1 = 35. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak terdapat keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012†dinyatakan ditolak, dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Terdapat keefektifan layanan bimbingan belajar terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal†dinyatakan diterima.
Selain itu juga analisis deskriptif variable layanan bimbingan belajar memiliki prosentase tertinggi pada kriteria tinggi sebanyak 58,33%, sedangkan pada variabel motivasi berprestasi (Pre-test) untuk hasil tingkat prosentase tertinggi pada kriteria tinggi sebanyak 63,89%, dan variabel motivasi berprestasi (Post-test) untuk hasil tingkat prosentase tertinggi pada criteria tinggi sebanyak 66,67%. Saran yang direkomendasikan adalah mengupayakan peningkatan layanan bimbingan belajar agar peserta didik mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi.
1108500991 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain