Skripsi
Pengaruh Konseling Kelompok Berpendekatan Gestalt Terhadap Pengambilan Keputusan Massalah Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci: Konseling Kelompok Gestalt, Pengambilan Keputusan
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengambilan keputusan masalah peserta didik dan adakah hubungan antara konseling kelompok berpendekatan gestal dengan pengambilan keputusan masalah peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : pengaruh layanan konseling kelompok berpendekatan gestalt terhadap pengambilan keputusan masalah peserta didik.
Untuk mendukung kajian secara ilmiah maka beberapa landasan teori yang mengetengahkan tentang pengaruh konseling kelompok berpendekatan gestalt terhadpa pengambilan keputusan masalah peserta didik kelas XI di SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang sebagai subyek populasinya, dengan menggunakan teknik proposional random sampling didapat sampel sejumlah 30 peserta didik. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan (1) angket (2) observasi (3) dokumentasi, setelah data terkumpul dianalisis dengan teknik (1) deskriptif prosentase (2) korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman-Brown dengan teknik belah dua ganjil genap.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,650 jika disbanding dengan r tabel pada taraf 5% adalah 0,361 = 30 peserta didik maka dapat disimpulkan rxy > r tabel (0,650 > 0,361) hal ini berarti Terdapat Pengaruh Konseling Kelompok Berpendekatan Gestalt Terhadap Pengambilan Keputusan Masalah Peserta Didik kelas XI di SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pada variabel konseling kelompok berpendekatan gestalt dalam kategori sangat kurang (3%), kriteria kurang (0%), kriteria sedang (17%), kriteria cukup (27%), kriteria baik (30%), dan kriteria sangat baik (23%), sehingga kriteria konseling kelompok berpendekatan gestalt baik. Sedangkan pada variabel pengambilan keputusan dalam kategori, sangat kurang (3%), kriteria kurang (3%), kriteria sedang (17%), kriteria cukup (37%), kriteria baik (30%), dan kriteria sangat baik (10%), sehingga kriteria pengambilan keputusan dikategorikan cukup.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Terdapat pengaruh konseling kelompok berpendekatan gestalt terhadap pengamnbilan keputusan masalah peserta didik. Saya ajukan saran : (1) peserta didik dapat memanfaatkan layanan konseling kelompok gestalt (2) orang tua diharapkan memberikan pengawasan dan motivasi agar peserta didik lebih mudah mengambil keputusan (3) guru pembimbing agar meningkatkan pemberian konseling kelompok gestalt kepada peserta didik agar lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan.
1108500880 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain