Skripsi
Keefektifan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pembelajaran Menulis Puisi, Media Gambar.
Pembelajaran Menulis Puisi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang diantaranya menggunakan Media Gambar.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu Bagaimana kemampuan siswa SMK NU 1 Slawi dalam menulis puisi? Bagaimana pembelajaran penulisan puisi pada Siswa SMK NU 1 Slawi melalui media gambar? Apakah penggunaan media gambar mampu meningkatkan kemampuan siswa SMK NU 1 Slawi menulis puisi?
Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media gambar, (2) kelompok II (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa media gambar sebanyak 35 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat puisi. Berdasarkan hasil tes tersebut nilai rata-rata kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 8,21 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 5,34 dengan t tabel 1,70. Jadi, Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi akan terjadi perubahan sikap dan perilaku siswa. Siswa menjadi lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar memberikan variasi metode baru dalam pembelajaran dan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif, tertarik, dan berminat dalam mengikuti pembelajaran.
1508501044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain