Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA TEKS WACANA DIALOG DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMK NU 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci: Pembelajaran Menulis Karangan Narasi, Keefektifan Media Teks Wacana Dialog.
Penulis mengkaji dua masalah, yaitu bagaimana kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan media teks wacana dialog ? Bagaimanakah keefektifan penggunaan media teks wacana dialog dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMK NU 1 Slawi, Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012?
Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain dua kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) yaitu siswa yang diajar menggunakan media teks wacana dialog, sebanyak 40 sampel. (2) kelompok II, (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar tanpa menggunakan media teks wacana dialog, sebanyak 40 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 6,1 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,02 dengan t tabel 1,68.
Jadi, pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media teks wacana dialog, dan tanpa menggunakan media teks wacana dialog sama-sama efektif, tetapi lebih efektif dengan menggunakan media teks wacana dialog karena: (1) teks wacana dialog merupakan wacana yang dibentuk oleh percakapan atau pembicaraan antara dua pihak seperti terdapat pada obrolan pembicaraan dalam telepon, wawancara, dan teks drama. Dengan kata lain, teks wacana dialog sudah tidak asing lagi dalam lingkungan siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menulis karangan narasi. (2) dengan media teks wacana dialog siswa jadi lebih semangat dalam belajar, terutama membuat karangan narasi. (3) media teks wacana dialog dapat membantu siswa dalam mengekspresikan daya imajinasi mereka dan memudahkan mereka untuk memahami kalimat.
1508501004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain