Skripsi
Keterpaduan paragraf dalam Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Keterpaduan, Paragraf, Karangan Deskripsi.
Penelitian ini dibatasi pada analisis paragraf dalam karangan deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai data penelitian adalah paragraf dalam karangan deskripsi yang dianalisis dari bentuk kohesi dan koherensinya serta penggunaan paragraf yang membentuk karangan secara utuh.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan paragraf dalam karangan deskripsi siswa kelas IX, (2) mendeskripsikan keterpaduan antarparagraf dalam karangan deskripsi siswa kelas IX, (3) mendeskripsikan implikasi dalam pembelajaran bahas Indonesia di SMP.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Data penelitian adalah paragraf dalam karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa SMP kelas IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis memberikan tugas kepada siswa kelas IX untuk membuat karangan deskripsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Agih dengan teknik baca markah sebagai teknik lanjutannya.
Hasil analisis dalam penelitian ini, siswa dalam membuat karangan dilihat dari unsur yang menjadikan paragraf terpadu belum terjalin dengan baik penggunaan unsur kohesi dalam paragrafnya sudah tampak dengan digunakannya penanda hubungan kohesi gramatikal penunjukan dan konjungsi. Akan tetapi, penggunaan unsur koherensi dalam karangan belum terjalin dengan baik, sehingga paragraf dalam karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan belum dapat dikatakan terpadu. Penggunaan paragraf lebih banyak menggunakan paragraf deduktif dengan pola pengembangan umum-khusus dan sudut pandang.
1508500962 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain