Skripsi
Keefektifan Metode Karya Wisata dalam pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan
Kata Kunci : menulis karangan deskripsi
Pembatasa masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 petarukan. Rumusan masalah (1). Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan tahun ajaran 2011/2012 sebelum pelaksanaan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode karya wisata. (2). Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Petarukan tahun ajaran 2011/2012 sesudah pelaksanaan keterampilan menulis karangan deskripsidengan menggunakan metode karya wisata. (3) . Bagaimanakah Pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan.
Tujuan penelitian ini (1). Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 petarukan tahun ajaran 2011/2012 sebelum pelaksanaan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode karya wisata. (2).Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan tahun ajaran 2011/1012 sesudah pelaksanaan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode karya wisata. (3). Untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode karya wisata dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi tahun ajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A dan B semester II SMP Negeri 3 Petarukan,kota Pemalang.Tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi 720 peserta didik dari 320 peserta didik tersebut diambil sampel secara cluster rondom sampling sebanyak 60 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok .Kelompok pertama sebagai kelompok control dengan jumlah peserta didik 30,dan kelompok kedua berjumlah 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Metode karya wisata efektif digunakan dalam menulis karangan deskripsi.Hasil perhitungn dalam penelitian ini menunjukan bahwa t hitung =9,61 sedangkan t tabel =1,67.dengan demikian t hitung > t tabel.
Dengan demikian ,dapat disimpulkan bahwa peserta didik SMP Negeri 3 Petarukan yang diajar dengan menggunakan metode karya wisata akan memperoleh prestasi menulis lebih baik daripada peserta didik yang tidak menggunakan metode karya wisata
1508500890 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain