Skripsi
Ciri Struktur dan Semantis Perangkat Kata Bersinonim dalam Kategori Verba Mengambil, Menculik, Merampas, Mencopet, Mencuri, serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Kata kunci: ciri struktur, ciri semantik, sinonim, verba, pembelajaran
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah ciri struktur pemakaian kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri dalam kalimat bahasa Indonesia, (2) bagaimanakah ciri semantis pemakaian kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri dalam kalimat bahasa Indonesia, dan (3) bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ciri struktur pemakaian kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri dalam kalimat bahasa Indonesia, (2) mendeskripsikan ciri semantis pemakaian kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri dalam kalimat bahasa Indonesia, dan (3) mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data berupa novel Di Atas Sajadah Cinta, Ringkasan dan ulasan Novel Indonesia Modern, Majalah Detik, dan Novel Limbah Dosa. Pengumpulan datanya menggunakan metode simak dengan teknik baca catat sebagai kelanjutannya, dan analisis datanya menggunakan metode agih dengan teknik substitusi sebagai kelanjutannya.
Hasil penelitian ini adalah (1) ciri struktur kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri memiliki makna yang berbeda apabila memperhatikan struktur kalimatnya, khususnya berdasarkan kelompok kata, klausa, dan kalimat.(2) ciri semantis kata mengambil, menculik, merampas, mencopet, dan mencuri terdapat perbedaan dalam pemakaiannya dari aspek kelaziman pemakaiannya, kata menculik hanya bisa disubsitusikan dengan kata benda berupa manusia, (3) dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP khususnya kelas VII semester II.
1508501099 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain