Skripsi
ANALISIS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. BARATA INDONESIA (PERSERO) TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan pada PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan pada PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi sederhana antara variabel corporate social responsibility (X) dan kinerja keuangan perusahaan (Y) diperoleh persamaan Y = 0,903 + 79,000 + ε. Makna dari persamaan ini yaitu konstanta sebesar 0,903 menunjukan bahwa dengan adanya CSR maka mengakibatkan kenaikan bagi kinerja keuangan perusahaan. Dari persamaan di atas juga terdapat tanda “+“ yaitu +79,000 yang berarti hubungan antara csr dengan kinerja keuangan perusahaan adalah positif, ini berarti bahwa pengungkapan CSR akan menaikan kinerja keuangan perusahaan. Koefisien regresi sebesar 79,000 berarti setiap kenaikan satu rupiah akan menaikan kinerja keuangan sebesar 79,000, atau kenaikan 1% akan menaikan kinerja keuangan sebesar 79,000%. berdasarkan hasil uji signifikansi diperoleh nilai standardized coefficient (beta) sebesar 0,997, dengan probabilitas nilai signifikan sebesar 0,046. Karena nilai signifikansi 0,046 < 0,05 maka berarti HO ditolak dan Ha diterima yang berarti koefisien regresi signifikan atau CSR berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Return On Invesment (ROI) pada PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal terbukti kebenarannya.
Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Perusahaan, ROI.
2810201207 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain