Skripsi
Hubungan Sistem Pelayanan Terpadu dengan Kepuasan Masyarakat di Badan pelayanan dan Perijinan terpadu (BP2T) Kota Tegal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sistem pelayanan terpadu terhadap kepuasan masyarakat di Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Tegal
Hipotesis dalam penelitian adalah diduga ada hubungan yang signifikan Sistem Pelayanan Terpadu di BP2T dengan Kepuasan Masayarakat Kota Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dan uji signifikansi koefisien korelasi rank spearman.
Dari hasil analisis dapat diketahui dengan hasil perhitungan statistik dengan menggunakan korelasi bahwa diperoleh hasil berupa nilai korelasi sebesar 0,727. Hubungan sistem pelayanan dengan kepuasan masyarakat tersebut bersifat positif, artinya jika sistem pelayanan ditingkatkan, maka kepuasan masyarakat semakin meningkat. Sebaliknya jika sistem pelayanan menurun, maka kepuasan masyarakat semakin menurun. Nilai korelasi sebesar 0,727 lalu diintepretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600 – 0,799. Hal itu artinya hubungan sistem pelayanan dengan kepuasan masyarakat tergolong kuat. Dari perhitungan diperoleh Zhitung sebesar 7,24. Nilai Zhitung tersebut kemudian dibandingkan dengan Ztabel, diperoleh Ztabel sebesar 1,96. Hal ini berarti Zhitung > Ztabel (7,24 > 1,96). Sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang artinya terdapat hubugan yang signifikan antara Sistem Pelayanan Terpadu di BP2T dengan Kepuasan Masyarakat Kota Tegal.
3010201213 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain