Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENANAMAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Skripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penanaman Sikap Disiplin Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Dibimbing oleh Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Penanaman Sikap Disiplin
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosi terhadap penanaman sikap disiplin pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 secara lebih rinci. Hipotesis dalam penelitian ini Ha : Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap penanaman sikap disiplin pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Ho : Tidak Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap penanaman sikap disiplin pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 ”.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu 200 anak. Sampel penelitian 20% dari 200 siswa diperoleh sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dan analisis deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penelitian kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase kecerdasan emosional yang diperoleh kategori kecerdasan emosional baik dalam skala interval 67-100 terdapat 29 siswa pencapaian persentase 72,5%, kriteria kecerdasan emosional cukup dalam skala interval 34-66 terdapat 11 siswa dalam pencapaian persentase 27,5%, kriteria kecerdasan emosional kurang tidak ada. Penanaman sikap disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, menunjukkan angka ketercapaian dengan kriteria sikap disiplin baik dalam skala interval 67–100 terdapat 30 siswa dalam pencapaian persentase 75%, kriteria sikap disiplin cukup dalam skala interval 34-66 terdapat 10 siswa dalam pencapaian persentase 25%, kriteria sikap disiplin kurang tidak ada. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penanaman sikap disiplin diperoleh nilai rxy sebesar 0,411. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah Siswa N = 40, pada taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,411 > 0,312. Ini berarti menolak hipotesis nihil (Ho), dan menerima hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh kecerdasan emosioanal terhadap penanaman sikap disiplin pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan demikian telah terbukti dan benar-benar menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penanaman sikap disiplin pada siswa.
Saran dalam penelitian ini adalah kepada pihak sekolah hendaknya meningkatkan dan mengembangkan kedisiplinan secara menyeluruh kepada siswanya, hendaknya dalam hal peningkatan disiplin siswa, pihak sekolah bisa berhubungan dengan pihak sekolah lainnya.
0511201201 | Tersedia | ||
1108501046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain