Skripsi
Peran Guru Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gembong 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : peran guru kelas, prestasi belajar.
Penulis tergerak untuk melakukan peneletian mengenai peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembong 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana model pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD Negeri Gembong 01?. 2). Bagaimana peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembong 01?. 3). Seberapa besar peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembong 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011?.
Tujuan penelitianya adalah: 1). Untuk mengetahui model pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD Negeri Gembong 01. 2). Untuk mengetahui peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembong 01. 3). Untuk mengetahui besarnya peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembong 01.
Subjek penelitian ini sebanyak 33 siswa, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari angket, obeservasi, dan wawancara, analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment.
Hasil penelitian ini menunjukan 1). Peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gembong 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal adalah 55%. Jika dilihat dari kriteria yang telah ditentukan maka peran guru kelas dalam bimbingan dan konseling dalam kategori tinggi. 2). Hasil prestasi belajar siswa akibat dari peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling adalah 53%. Jika dilihat dari kriteria yang telah ditentukan maka prestasi belajar siswa pada SD N Gembong 01 dalam kategori tinggi. 3). Hasil yang diperoleh pada perhitungan korelasi produk moment ternyata lebih besar dari angka dalam tabel yaitu r hitung sebesar = 0,627 dengan taraf kepercayaan sebesar 5%. Jika dibandingkan dengan r tabel pada n = 33 diperoleh r table = 0,344 sehingga 0,627 >0,344 maka Hubungan tersebut merupakan hubungan yang positif, artinya semakin tinggi peran guru kelas dalam bimbingan dan konseling maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis dan kesimpulan diatas maka hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “ada hubungan peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan dankonseling terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Gembong 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” telah terpenuhi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan guru kelas memberikan bimbingan dan konseling sebelum memulai pembelajaran karena dengan layanan bimbingan dan konseling akan menjadikan prestasi belajar siswa semakin tinggi.
611201201 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain