Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 COMAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : keterampilan menyimak berita, media audio visual
Keterampilan menyimak merupakan kunci utama dalam pemerolehan bahasa. Maka diperlukan efektivitas pengajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Untuk memenuhi aspek tersebut, diciptakan media pengajaran yang diantaranya adalah media audio visual.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak berita, serta mengetahui keefektivan antara media audio visual dengan media konvensional. Jadi penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu : (1) Bagaimanakah keterampilan menyimak berita di SMP Muhammadiyah 2 Comal ? (2) Adakah efektivitas antara penggunaan media audio visual dengan media konvensional dalam pembelajaran keterampilan menyimak berita?
Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen, dengan metode menyimak berita, yang menggunakan desain dua kelompok yaitu, (1) kelompok I,( kelompok eksperimen) siswa yang di ajar dengan media audio visual, (2) Kelompok II, ( kelompok kontrol) siswa yang diajar dengan media konvensional. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang sebelumnya telah diuji validitas dan realibilitas.
Berdasarkan data hasil perhitungan dari kelas eksperimen antara pretes dan postes dengan thitung sebesar 12,51 dan hasil pertimbangan kelas kontrol antara pretes dan postes thitung sebesar 7,14, dengan t table 1,70. Jadi siswa yang diajar dengan media konvensional lebih rendah dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran menyimak berita dengan menggunakan audio visual lebih efektif dari pada media konvensional. Kelebihan media audio visual yang (1) bisa membantu secara kongkrit berfikir, karena anak dapat melihat kejadian langsung dari yang mereka dengar dan yang mereka lihat, (2) dapat membantu dan membuat hasil belajar yang riil yan akan mendorong kegiatan mandiri anak didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis meyarankan bahwa bagaimana pentingnya pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan media audio visual, kepada peneliti selanjutnya bisa memberikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.
611201204 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain