Skripsi
Asesmen Pendidikan Matematika pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Suatu penelitian pada siswa kelompok A TK Madinah Islamic Full Day School Procot dan RA Bina Iman dan Amal Sholeh (BIAS) Assalam Kota Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/ 2011).
Kata Kunci : Asesmen, Matematika, PAUD
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penyusunan indikator keberhasilan pembelajaran matematika, (2) mendeskripsikan reliabilitas instrument yang digunakan untuk mengetahui kemampuan matematika, (3) mendeskripsikan seberapa besar capaian keberhasilan pembelajaran matematika pada TK Madinah Islamic Full Day School dan RA Bina Iman dan Amal Sholeh (BIAS) Assalam.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelompok A TK Madinah Islamic Full Day School semester 2 dengan jumlah keseluruhan 51 siswa dan semua siswa kelompok A RA Bina Iman dan Amal Sholeh (BIAS) Assalam semester 2 dengan jumlah keseluruhan 66 siswa. Jadi jumlah seluruh populasi ada 117 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan populasi keseluruhan. Untuk mengetahui capaian keberhasilan pembelajaran matematika adalah dengan analisis deskriptif melalui prosentase dan untuk mengetahui koefisien keajekan reliabilitas dengan rumus yang telah dikemukakan oleh Fernandes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keberhasilan pendidikan matematika PAUD terangkum dalam kurikulum PAUD yang dijabarkan pada aspek kognitif. Koefisien keajekan (reliabilitas) pengamatan pada TK Madinah Islamic Full Day School sebesar 0,128 dan koefisien keajekan pengamatan pada RA Bina Iman dan Amal Sholeh (BIAS) Assalam sebesar 0,688. Hal ini berarti bahwa instrument yang digunakan dapat dikatakan handal. Kemampuan matematika pada TK Islamic Full Day School sebesar 79% dengan kategori BAIK. Sedangkan kemampuan matematika pada RA Bina Iman dan Amal Sholeh (BIAS) Assalam sebesar 85% dengan kategori SANGAT BAIK.
611201207 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain