ttabel 2,093, yang berarti Layanan Bimbingan Kelompok sangat efektif sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI I Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011. Simpulan hasil penelitian ini adalah Layanan Bimbingan Kelompok sangat efektif sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI 1 Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011. Saran yang saya ajukan Pelaksanaan bimbingan kelompok belum maksimal dan tingkat kepercayaan diri peserta didik masih rendah sehingga belum dapat meningkatkan rasa percaya diri, untuk itu bimbingan kelompok ini sangatlah berarti penting dalam membentuk rasa percaya diri yang tinggi, guna meningkatan rasa percaya diri peserta didik terutama di SMP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. " />
Skripsi
Upaya Preventif Timbulnya Krisis Tidak Percaya Diri Melalui Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI I Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci: Krisis Tidak Percaya Diri, Bimbingan Kelompok
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Brebes Tahun Pelalaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 160 peserta didik, dan bersampel 40 peserta didik. Variabel bebas adalah krisis tidak percaya diri dan variabel terikat adalah bimbingan kelompok. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket dan beberapa metode pendukung seperti wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik quata sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus pre-test dan post test one group design digunakan t-test.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diajukan suatu hipotesis kerja Layanan Bimbingan Kelompok sangat efektif sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pads peserta didik Kelas VIII SMP PGRI I Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011.
Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP PGRI 1 Brebes belum maksimal dan tingkat kepercayaan diri peserta didik masih rendah sehingga belum dapat meningkatkan rasa percaya diri, amok itu layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbngan kelompok ini sangatlah berarti penting dalam membentuk rasa percaya diri yang tinggi. Sedangkan Bila dilihat sikap percaya diri yang diperoleh data sebagai berikut percaya diri sebelum
dikategorikan dalam rentang "Percaya Diri", skor angket untuk sampel penelitian mencapai 1.682 dengan tingkat persentase 84,1% Selanjutnya hasil penelitian percaya diri terhadap sampel penelitian setelah dilakukan bimbingan kelompok dikategorikan dalam rentang "Percaya Diri", hal ini terbukti bahwa angka ketercapaian skor angket mencapai 1.992 dengan persentase 99,6%.
Dari perhitungan diatas di peroleh thitung 9,14 > ttabel 2,093, yang berarti Layanan Bimbingan Kelompok sangat efektif sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI I Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011. Simpulan hasil penelitian ini adalah Layanan Bimbingan Kelompok sangat efektif sebagai upaya preventif terhadap timbulnya krisis tidak percaya diri pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI 1 Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011. Saran yang saya ajukan Pelaksanaan bimbingan kelompok belum maksimal dan tingkat kepercayaan diri peserta didik masih rendah sehingga belum dapat meningkatkan rasa percaya diri, untuk itu bimbingan kelompok ini sangatlah berarti penting dalam membentuk rasa percaya diri yang tinggi, guna meningkatan rasa percaya diri peserta didik terutama di SMP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
1107500594 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain