Skripsi
Pengaruh Konseling Individu Terhadap Perkembangan Emosi Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Konseling Individu, Perkembangan Emosi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul bahwa peserta didik SMP Negeri 3 Brebes kebanyakan mempunyai emosi yang labil sehingga pihak sekolah merasa berkewajiban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sekolah memberikan solusi untuk peserta didik agar emosinya menjadi stabil. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh konseling individu terhadap perkembangan emosi pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 278 peserta didik, dengan sampel 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik quata sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket dan beberapa metode pendukung seperti wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Uji Validitas dan Reliabilitas menggunakan rumus alpha dari Chronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus Product moment.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diajukan suatu hipotesis kerja ada pengaruh konseling individu terhadap perkembangan emosi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan konseling individu pada peserta didik kelas VII adalah dalam kategori sangat rendah nilai 2,5% yaitu 1 orang, rendah nilai 32,5% yaitu 13 orang, cukup nilai 15% yaitu 6 orang, sedang nilai 32,5% yaitu 13 orang, tinggi 10% yaitu 4 orang, sangat tinggi nilai 7,5% yaitu 3 orang, jadi pelaksanaan konseling individu pada peserta didik kelas VII dinilai sedang dalam pencapaian persentase sebesar 32,5%. Tingkat perkembangan emosi dalam kategori sangat rendah nilai 5% yaitu 2 orang, rendah nilai 20% yaitu 8 orang, cukup nilai 30% yaitu 12 orang, sedang nilai 40% yaitu 16 orang, sangat tinggi 5% yaitu 2 orang, jadi tingkat perkembangan emosi pada peserta didik kelas VII dinilai sedang dalam pencapaian persentase sebesar 40%.
Dari perhitungan diatas dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan konseling individu terhadap perkembangan emosi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2010/2011 dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga table 0,312, yaitu rxy 0,769 > 0,312. Saran yang saya ajukan pelaksanaan konseling individu terhadap perkembangan emosi pada peserta didik sangat berpengaruh penting, maka hendaknya perlu dilakukan konseling individu secara efektif guna meningkatkan perkembangan emosi peserta didik karena dengan konseling individu yang efektif dapat mengkontrol emosi yang baik.
1107500574 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain