Skripsi
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGHAYATAN TEKS DRAMA BERDASARKAN UNSUR INSTRINSIK DRAMA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs RIYADLOTUL ‘UQUL CENANG, BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Kata Kunci : Metode Quantum Teaching,Unsur Instrinsik Drama
Pembelajaran pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik dinilai lebih efektif apabila dilakukan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan tiap anak. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakanlah metode-metode pembelajaran yang diantaranya adalah dengan metode Quantum Teaching.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data prestasi belajar Bahasa Indonesia sebelum menggunakan Metode Quantum Teaching dengan sesudah menggunakan Metode Quantum Teaching melalui siklus I dan Siklus II.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : setelah pembelajaran menggunakan Metode Quantum Teaching siswa mengalami peningkatan nilai dibandingkan sebelum menggunakan Metode Quantum Teaching.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa semester II di MTs. Riyadlotul ‘Uqul Cenang, Brebes, Tahun Pelajaran 2010 / 2011 dengan jumlah populasi 107 siswa. Dari 107 siswa tersebut diambil 32 siswa dari kelas VIII sebagai sampel.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes penempatan, tes siklus I, dan Siklus II. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapat tes penempatan 58,87, siklus I 69,21, dan siklus II 79,53. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima karena hasil nilai siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan Metode Quantum Teaching.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII Semester II MTs. Riyadlotul ‘Uqul Cenang , Brebes mengalami peningkatan nilai pembelajaran pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik drama setelah menggunakan metode Quantum Teaching.
061120129 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain