Skripsi
HUBUNGAN KECEMASAN DAN KEYAKINAN DALAM BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Kecemasan, Keyakinan dalam Belajar Matematika, Prestasi belajar matematika.
Kecemasan dan keyakinan dalam belajar matematika merupakan salah satu komponen sikap yang perlu diukur dan sikap positif siswa dalam belajar matematika berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika. Berdasarkan penelitian di SMP Negeri 1 Pangkah, siswa yang prestasi belajar yang kurang memuaskan akibat adanya kecemasan dalam diri siswa dan keyakinan belajar yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan dan keyakinan dalam belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pangkah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 20010/2011 yang berjumlah 360 siswa, terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII B sebagai kelas uji coba dan kelas VIII A dan VIIIC sebagai kelas sampel. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen di uji cobakan pada kelas VIII B. Dalam penelitian ini variabel bebasnya yaitu kecemasan dan keyakinan dalam belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar matematika. Teknik analisis menggunakan metode statistik dengan rumus analisis regresi dengan terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat, kemudian uji hipotesisnya menggunakan uji analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan kecemasan dan keyakinan dalam belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dari hasil pengolahan data diperoleh untuk data kecemasan sebesar 1,955, untuk data keyakinan dalam belajar matematika sebesar 1,900. Kemudian dari uji korelasi dengan menggunakan uji – F menunjukan Fhitung > Ftabel. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecemasan belajar matematika, keyakinan belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2010/2011
1707501088 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain