Skripsi
Studi Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Pokok Bahasan Logika Matematika bagi Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMA Negeri 03 Slawi Tahun Pe
Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Student Teams Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan Logika Matematika bagi peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Semester 2 SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 283 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.8 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X.9 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X.7 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis kovarians (Anakova). Dengan terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat untuk mengetahui pengaruh skor IQ terhadap prestasi belajar, uji homogenitas koefisien regresi untuk menguji kesejajaran model regresi dari kelompok eksperimen, uji linieritas model regresi untuk menguji apakah skor IQ siswa dan prestasi belajar siswa berhubungan secara linear, uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan Logika Matematika siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Slawi, prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) bagi siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011.
Sehingga sebelum memberlakukan suatu model pembelajaran, guru seharusnya memahami terlebih dahulu tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik sehingga model yang diberlakukan dapat efektif dalam proses pembelajaran.
1305481976 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain