Skripsi
Pengaruh Sikap dan Tingkat Inteligensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Pengaruh, Sikap, Tingkat Inteligensi, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dan tingkat inteligensi siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 244 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 71 siswa yaitu diperoleh dari kelas, X-2 dan X-5. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa nilai akhir semester untuk mengukur prestasi belajar matematika dan nilai IQ siswa, serta metode angket yang dibuat untuk mengukur sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Dari perhitungan diperoleh Lhitung = 0,102. Dengan n=71 dengan α=5% harga Ltabel sebesar 0,105. Lhitung tersebut lebih kecil dibanding dengan Ltabel, sehingga untuk data prestasi belajar matematika berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Dari perhitungan diperoleh adalah 2,513. Dengan α=5% dan dk=1, dari daftar distribusi Chi-kuadrat didapatkan 3,841. Karena maka data prestasi belajar matematika dikatakan homogen.
Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara sikap siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan pengaruhnya sebesar 97,6%. Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar matematika, dengan pengaruhnya sebesar 98,4%. Ada pengaruh yang signifikan antara sikap dan tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X semester II SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan pengaruhnya sebesar 9,9%.
Saran dalam penelitian ini yaitu guru matematika hendaknya dapat menumbuhkan sikap senang terhadap pelajaran matematika, dan kepada siswa untuk lebih bersikap positif terhadap pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya, serta bagi orang tua siswa hendaknya selalu memperhatikan sikap belajar anak.
1707501063 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain