Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LIFE SKILLS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Kata Kunci : Pembelajaran CTL Berbasis Life Skill, Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran CTL Berbasis Life Skills dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester II SMP Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Al-Irsyad Kota Tegal. Populasi penelitian ini adalah kelas VII semester II SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 108 siswa, terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII.D sebagai kelas eksperimen (pembelajaran CTL Berbasis Life Skill) dengan jumlah 27 siswa, dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional) dengan jumlah 27 siswa, serta kelas VII.C sebagai kelas ujicoba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Soal tes sebanyak 20 butir, ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Selain itu juga menggunakan angket sebanyak 20 item. Ini untuk mengetahui minat belajar siswa. Sebelum soal tes dan angket digunakan untuk tes, soal dan angket terlebih dahulu diujikan ke kelas uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji MANOVA.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran CTL Berbasis Life Skills lebih efektif dibanding dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa pada materi pokok segi empat kelas VII semester II SMP Al-Irsyad Kotamadya Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
1707501074 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain