Skripsi
Perbedaan Kemampuan Menyimak Cerpen antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan Dilihat Dari Perspektif Gender Pada Siswa Kelas VIII SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : menyimak, cerpen dan jenis kelamin.
Pembelajaran menyimak yang dilakukan guru terhadap siswa sebagai upaya untuk meningkat kemampuan siswa dalam menyimak pelajaran/materi khususnya dalam cerita dan juga meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menyimak pelajaran.
Penelitian tentang perbedaan kemampuan menyimak cerpen dilatar belakangi oleh adanya perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyimak cerpen. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membedakan daya simak siswa laki-laki dan perempuan. (2) Penyimakan cerita pendek oleh siswa. (3) Mencari ada tidaknya perbedaan dalam menyimak cerpen
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 52 siswa baik laki-laki dan perempuan. Dari sampel tersebut, yang dijadikan sebagai sampel adalah 40 siswa dan dikelompokan menjadi dua yaitu kelompok siswa laki-laki yang dijadikan sampel 20 siswa dan kelompok perempuan yang dijadikan sampel 20 siswa. variabel penelitian terdiri dari variabel terikat menentukan faktor perbedaan siswa laki-laki dan perempuan dilihat dari perpekstif gender dan variabel bebas kemampuan menyimak cerpen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah cluster random sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik parametris dengan rumusan analisis data uji-t independen, uji validitas dan reliabilitas.
Dari hasil analisis data, perhitungan uji-t independen diperoleh t hitung adalah 2,38 dengan derajat kebebasan 38 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh t tabel 1,69 dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel (2,38 > 1,69). Karena t hitung lebih besar dari pada tabel (Ho) ditolak dan (Hi) diterima. Hasil perhitungan uji validtas instrumen diperoleh bahwa nilai r hitung : 9,788 dengan N: 40 dan taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel 0,312 dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel (9,788 > 0,312) bahwa tes tersebut valid. Pada penghitungan uji reliabilitas instrumen diperoleh nilai r hitung adalah 1,283 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel 0,312 dengan demikian r hitung lebih besar dari pada r tabel (1,283 > 0,312) bahwa tes tersebut adalah reliabel. Berdasarkan data perhitungan uji –t : 2,38 ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh dalam memeperoleh kemampuan menyimak cerpen ”Ashabulkahfi” lebih baik dan siswa perempuan lebih rendah.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah sebagai referensi penulis untuk kedepannya berperan dalam memberikan pengajaran yang optimal dan mampu melihat situasi peserta didik dalam hal ini adalah kemampuan menyimak siswa agar lebih efektif dalam menerima materi pelajaran dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menerima materi pelajaran di sekolah. Sehingga memudahkan pencapaian cita-cita dalam keberhasilan belajar mengajar.
1507500884 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain