Skripsi
Korelasi Antara Bimbingan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata kunci : Kemandirian belajar, Prestasi belajar
Bimbingan kemandirian belajar merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan prestasi belajar, maka dapat dikatakan bahwa bimbingan kemandirian belajar dapat menciptakan kreatifitas peserta didik dalam situasi belajar yang dapat memberikan dampak positif pada prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui kondisi kemandirian belajar para peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, (2) ingin mengetahui prestasi belajar para peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011, (3) ingin mengetahui berapa besarkah korelasi antara bimbingan kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir maka ada korelasi yang signifikan, antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 40 peserta didik. Dari 40 peserta didik tersebut seluruhnya dijadikan sampel.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket kemandirian dan tes prestasi belajar. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan dari analisis r hitung = 1,1802 dikonsultasikan dengan derajat kebebasan 40 pada taraf signifikansi 5%. rtabel sebesar = 0,312 dikonsultasikan dengan derajat kebebasan 40 pada taraf signifikansi 5%. Perbedaan tersebut membuktikan bahwa rhitungĀ¬ lebih besar dari rtabel (1,1802 > 0,312). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat korelasi yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas V pada SD Negeri Lengkong 02 Kec. Bojong Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi atau bahan acuan bagi guru pembimbing pada khususnya dan bidang pendidikan pada umumnya.
Adapun saran pada penelitian ini adalah (1) hendaknya peserta didik dapat meningkatkan kemandirian belajar agar prestasi belajar meningkat, (2) guru kelas V SD Negeri Lengkong 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal dapat melaksanakan bimbingan kemandirian belajar agar dapat menumbuhkan prestasi belajar siswa, (3) peserta didik hendaknya dapat meningkatkan untuk mengikuti kegiatan bimbingan kemandirian belajar yang dilakukan oleh guru agar dapat memacu kemandirian belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar.
1108501067 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain