Skripsi
Penerapan Metode Giving Question Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMK Tunas Karya Comal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Metode Giving Question Getting Answer, Hasil Belajar.
Metode merupakan salah satu komponen dalam proses belajar-mengajar yang amat diperlukan. Metode tertentu berdasarkan pendekatan tertentu dapat menentukan langkah-langkah kegiatan pemilihan materi pembelajaran dan penyampaiannya. Sedangkan teknik pembelajaran yang dipakai harus disesuaikan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu, baik pendekatan, metode, maupun teknik merupakan subsistem yang digunakan dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektif tidaknya metode giving question and getting answer dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas X SMK Tunas Karya Comal tahun pelajaran 2010/2011.
.Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut metode giving question and getting answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas X SMK Tunas Karya Comal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini semua siswa Kelas X SMK Tunas Karya Comal tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 72 siswa yang terdiri atas dua kelas. Dari 72 responden tersebut diambil secara keseluruhan, dengan demikian penelitian ini merupakan studi populasi.
Data penelitian ini diperoleh dari soal Ekonomi. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 3,939 sedangkan harga ttabel untuk N = (N1 + N2 - 2) = (36 + 36 – 2) = 70 taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2,000 dan taraf signifikansi 1% diperoleh harga sebesar 2,660. Hasilnya thitung sebesar 3,939 lebih besar dari 2,000 dan 2,660 atau thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti yaitu “Hasil belajar Ekonomi siswa yang diajar dengan metode giving question and getting answer lebih tinggi dibanding dengan tanpa metode giving question and getting answer”, atau dengan kata lain bahwa penggunaan metode giving question and getting answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Tunas Karya Comal.
1307500407 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain