Skripsi
Pengaruh Kemampuan Berbahasa dan Kemampuan Logika Terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Berbahasa, Logika, Hasil Belajar
Kemampuan berbahasa dan kemampuan logika merupakan beberapa faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa terhadap hasil belajar matematika, pengaruh kemampuan logika terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh kemampuan bebahasa dan kemampuan logika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X Semester I SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 283 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15 siswa pada setiap kelasnya sehingga seluruhnya berjumlah 135 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data kemampuan berbahasa dan Kemampuan Logika diperoleh dari data hasil psikotes oleh Yayasan Jasa Psikologi Bina Asih Yogyakarta. Sedangkan untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai Ujian Akhir Semester I bidang studi matematika. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Dari perhitungan diperoleh = 0,071. Dengan dengan harga sebesar 0,0763. tersebut lebih kecil dibanding dengan , sehingga untuk data Hasil Belajar Matematika berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Dari perhitungan diperoleh adalah 6,49. Dengan dan dk=8, dari daftar distribusi Chi-kuadrat didapatkan 15,5. Karena maka data hasil belajar matematika dikatakan homogen.
Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang cukup signifikan antara kemampuan berbahasa terhadap hasil belajar matematika, dengan pengaruhnya sebesar 5,88%. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan logika terhadap hasil belajar matematika, dengan pengaruhnya sebesar 31,2%. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berbahasa dan kemampuan logika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan pengaruhnya sebesar 34,03%.
1707501180 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain